Bupati Buka Rakor Pendamping Kampung Program GERBANGMAS

0
80
Bupati Mahulu Bonifasius Belawan Geh,SH menyampaikan arahannya sekaligus membuka kegiatan Rakor. by. hms8

UJOH BILANG – Bupati Mahakam Ulu (Mahulu) Bonifasius Belawan Geh, SH membuka Rapat Koordinasi Tenaga Pendamping Kampung Program Daerah Gerakan Pembangunan Masyarakat Adil Sejahtera (GERBANGMAS) Kabupaten Mahulu, di Balai Pertemuan Umum (BPU) Kecamatan Long Bagun, Rabu (28/08) pagi.

Bupati Mahulu Bonifasius Belawan Geh,SH, Wakil Bupati Mahulu Drs. Y Juan Jenau, Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Mahulu Novita Bulan, SE.,M.Ba, Sekretaris Daerah Drs. Yohanes Avun, M.Si, Para Camat, Berfoto bersama Tim Pendamping Kecamatan dan Kampung P2MKM. by hms8

Rakor tahun ini mengangkat Tema Peningkatan Kinerja Pelaporan dan Pertanggungjawaban Program Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Kampung Mandiri (P2MKM) Melalui Penguatan Kapasitas Pendamping. Rakor ini di ikuti oleh Pendamping Kampung se Kabupaten Mahulu, yang dilaksanakan selama dua hari tanggal 28-29 Agustus 2019.

Saat menyampaikan sambutannya Bupati Mahulu berpesan agar seluruh Pendamping Kampung se Kabupaten Mahulu, harus menyadari betapa pentingnya tugas dan fungsi seorang pendamping Kampung untuk memajukan program Gerbangmas.

“Saya berharap bahwa seluruh tenaga pendamping, baik yang di tingkat kecamatan maupun yang di tingkat kampung, menyadari betapa besar dan kompleksnya tugas dan fungsi yang diemban oleh DPMK dalam membina dan menfasilitasi CV pelaksanaan Program Gerbangmas P2MKM ini, Kompleksitasnya terjadi bukan saja karena besarnya kegiatan yang harus dibina dan besarnya jumlah anggaran yang harus dikelola,”terangnya.

Bupati menekankan, sebagai tenaga pendamping, semua para pendamping merupakan orang-orang pilihan, karena memiliki keterampilan, kecakapan serta komitmen untuk mengabdi pada daerah ini.

“Kehadiran para pendamping dalam lingkaran manajemen Program Gerbangmas P2MKM adalah sebuah keberuntungan yang sangat bernilai, kalau kita mengerti jenis tanggungjawab, peran dan fungsi yang diharapkan maka percayalah apapun yang kita perbuat melalui program Gerbangmas P2MKM dapat terwujud secara maksimal,”ungkap Bupati.

Melalui Rakor ini juga Bupati sangat berharap agar seluruh pendamping kampung, untuk lebih menggali lagi potensi yang ada dan segera berbenah, guna terwujudnya program Gerbangmas P2MKM tersebut.

“Saya berharap bahwa semua para Pendamping Kampung mulai bergegas membenahi komitmen kerja dan kemampuan teknis dalam menjalankan fungsi sebagai bagian dari Tenaga Pendamping Gerbangmas P2MKM Kabupaten Mahulu,”tandasnya.

Sementara itu diterangkan oleh Kepala DMPK S. Lawing Nilas, S.Pd tujuan umum pelaksanaan Rakor ini, sebagai wadah saling berkoordinasi memperoleh informasi dari masing-masing Pendamping Kampung, dalam upaya menjalankan tugas dan fungsinya sebagai pendamping.

“Rakor ini sebagai forum konsultasi antar sesama Pendamping Kampung, agar dapat memiliki pemahaman yang sama dalam melaksanakan Tugas Pokok dan Fungsinya Pendamping Kampung sebagai mitra kerja Pemerintah Kampung,”terangnya.

Ia menambahkan, selain itu secara khusus tujuan adanya rakor ini untuk mengevaluasi pelaksanaan dan hasil kinerja para pendamping Kecamatan dan Kampung pada tahun sebelumnya serta pada tahun berjalan.

“Selanjutnya akan diperoleh suatu kebijakan yang menjadi acuan untuk menyusun Program Kerja Prioritas yang harus di laksanakan oleh Tenaga Pendamping Kampung,”jelasnya.

Saat pembukaan Rakor tersebut hadir pula Wakil Bupati Mahulu Drs. Y Juan Jenau, Sekretaris Daerah Drs. Yohanes Avun, M.Si, Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Mahulu sementara Novita Bulan, SE.,MBA, Para Kepala OPD, Camat, Kapolsek Long Bagun IPTU Purwanto, Danramil Long Bagun Letnan Satu I Wayan Sudiarsa, Petinggi dan Tokoh Adat di Lingkungan Pemkab Mahulu.(HMS8)

Tinggalkan Pesan

Please enter your comment!
Isi nama Anda