Pastikan Sembako dan BBM sampai ke Hulu Riam

0
145

Atasi Musim Kemarau, Pemkab Mahulu Pastikan Jalan Darat Dapat di Gunakan

UJOH BILANG – Pastikan pasokan Sembilan Bahan Pokok (Sembako) dan Bahan Bakar Minyak (BBM), pada Musim Kemarau Tahun ini bisa sampai ke dua Kecamatan di hulu riam. Pemerintah Kabupaten Mahakam Ulu (Mahulu) yang di pimpin oleh Wakil Bupati Mahulu Drs. Y. Juan Jenau bersama Sekretaris Daerah Drs. Yohanes Avun, M.Si, Senin (22/7), melakukan kunjungan kerja ke ruas-ruas jalan poros menuju dua kecamatan yang berada di Hulu Riam yaitu Kecamatan Long Pahangai dan Long Apari.

Wakil Bupati Mahulu Drs. Y. Juan Jenau bersama Sekretaris Daerah Drs. Yohanes Avun, M.Si mengecek Kondisi Base Camp BBM sebelum dilanjutkan ke Kecamatan Long Pahangai.by hms8

“Hal ini guna mengecek kondisi jalan darat yang akan digunakan masyarakat, untuk mengangkut 9 bahan pokok, BBM dan bahan keperluan lainnya, mengingat sekarang ini wilayah Kabupaten Mahulu dan sekitarnya dilanda Kemarau, yang mengakibatkan debit air sungai mahakam menurun sehingga menyebabkan transportasi seperti Kapal, Long Boad dan Speed Boad susah untuk melewatinya,”terang Wabup.

Wabup menambahkan, untuk mengatasinya satu-satunya jalan untuk membawa semua kebutuhan tersebut selama musim kemarau ini, agar bisa sampai ke Ibu Kota Kabupaten Ujoh Bilang, dan selanjutnya bisa sampai ke dua kecamatan di ulu riam, hanya bisa digunakan menggunakan jalan darat.

Sementara itu memang sampai sekarang keadaan jalan darat ini masih dalam proses pembukaan jalan bahkan sudah sampai ke Kecamatan Long Apari. Namun apabila musim hujan tidak bisa dilalui, sekarang lagi musim kemarau ada juga yang bisa dilalui dan ada juga yang tidak bisa dilalui.

“Maka dari itu pada hari ini bersama dengan dinas teknis, secara keseluruhan sudah kita cek ruas jalan mulai dari batas dengan Kubar hingga Kecamatan Long Hubung Mahulu udah bagus. Selanjutnya hari ini yang akan di cek ruas jalan mulai dari Kampung Long Bagun sampai dengan ulu Kampung Batoq Kelo tempat Base Campnya pengangkutan BBM menuju Kecamatan Long Pahangai selama kemarau,”ujarnya.

Selanjutnya ungkap Wabup, untuk ruas-ruas jalan yang rusak parah Pemkab Mahulu terjunkan alat-alat berat milik Pemkab Mahulu yang dikelola oleh Dinas PU.

“Kalau ini bisa teratasi maka hambatan untuk mengangkut BBM dan sembako di Wilayah Mahulu hampir dipastikan bisa teratasi, Mulai besok alat-alat Milik Pemkab Mahulu mulai bergerak untuk memperbaiki ruas-ruas jalan yang masih rusak, sehingga kesulitan bagi para penyalur BBM dan Sembako diwilayah Mahulu bisa teratasi. Karena bisa mengangkut menggunakan jalur darat.”tuturnya.

Sejalan dengan hal tersebut jelaskan juga oleh Sekretaris Daerah Drs. Yohenas Avun, M.Si bahwa kesempatan ini dalam rangka kunjungan lapangan yang memang rutin dan selalu menjadi agenda rutin jajaran Pemkab Mahulu dalam selang waktu tertentu untuk turun langsung mengecek kondisi yang terjadi di lingkungan masyarakat Mahulu.

“Kebetulan ini masuk pada musim kemarau, maka dari itu dalam rangka mengantisipasi hal tersebut kita akan cek ruas-ruas jalan yang kondisinya rusak parah, mulai dari batas Kubar hingga menuju ke hulu riam,”terangnya.

Sekda menambahkan, sebagai mana kondisi sekarang ini bahwa ada ruas jalan yang di daerah Kecamatan Long Hubung menuju Kampung Long Gelawang Kecamatan Laham sejauh 5 Km, maka untuk mengatasinya karena kondisi jalan dari Long Gelawang menuju Ujoh Bilang sudah relatif baik. Alat berat yang dimiliki oleh Pemkab Mahulu akan digerakkan lagi menuju ruas jalan yang kurang baik tersebut.

“Selanjutnya dari Long Bagun sampai dengan kecamatan Long Pahangai, akan kita cek dan alat-alat Pemkab juga akan menuju kesana untuk segera memperbaiki jalan-jalan yang rusak parah, paling tidak bisa membantu untuk memperlancar proses pengangkutan sembako dan BBM ke wilayah ulu riam,”tandasnya.

Dalam kesempatan ini hadir pula mendampingi Wakil Bupati Mahulu Kadis Perhubungan Toni Imang. S.Sos.,MM, Penyalur BBM di wilayah Mahulu H. Abdul Rahman Agus, Hairul Badri Koordinator Alat Berat pada Dinas PUPR Mahulu.(HMS8)

Tinggalkan Pesan

Please enter your comment!
Isi nama Anda