Butuh Dukungan dari Masyarakat

0
157

Kelompok UPPKS Mahulu Perlu ditingkatkan Lagi

MAHULU- Ketua TP. PKK Kabupaten Mahulu Ny. Yovita Bulan Bonifasius, sangat mengapresiasi apa yang telah dilakukan oleh Kelompok Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga Sejahtera (UPPKS) Mahulu, dalam upaya berpartisipasi dalam setiap kegiatan pada Harganas 2019, diharapkan ini bisa lebih ditingkatkan lagi.

Hal ini disampaikannya saat mengunjungi Stan Pemeran UPPKS masing-masing daerah se Kaltim dalam acara Peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) Ke-XXVI Tingkat Provinsi Kalimantan Timur 2019, Kamis (18/7), yang digelar di Taman Budaya Sendawar (TBS) Kubar.

“Kedepan kita akan terus bersenergi dengan Dinas Kesehatan terkait dengan kesehatan keluarga, dan dengan dinas-dinas lainnya, memang erat kaitannya dengan masalah bagaimana membuat satu keluarga itu menjadi sesuai dengan motto Harganas tahun 2019, yaitu Hari Keluarga, Hari Kita Semua, Cinta Keluarga, Cinta Terencana,”tambahnya.

Ketua TP-PKK Mahulu, juga berpesan bagi warga dan keluarga yang belum mau mengikuti program keluarga berencana, haruslah memahami bukan Pemerintah melarang untuk memiliki anak banyak, namun kita mengarahkan untuk mangatur jarak dan kesehatan agar ibu dan anak ini benar-benar terpelajar, mulai dari kesehatan, keuangan dan pendidikannya lebih teratur sehingga menjadi keluarga berencana yang sejahtera bisa terwujud.

Ia juga mengharapkan, sebagai Kader PKK harus lebih giat lagi untuk menggaungkan pentingnya menata kehidupan dalam keluarga, sesuai dengan pesan Ketua TP-PKK Provinsi Hj Nor Baiti Isran Noor, karena keluarga adalah pilar utama dan paling utama terbentuknya kepribadian yang mewarnai kehidupan manusia.

“Disitu tersemayam nilai-nilai agama, kemanusiaan, kebangsaan keadilan sosial, dan nilai moral secara praktis akan diproses dan ditentukan dalam keluarga,”ucapnya.

Sementara itu dalam sambutannya Ketua TP-PKK Provinsi Hj Nor Baiti Isran Noor A. Md.,SH. Menyampaikan maksud dan tujuan dari rutinnya Harganas ini dilaksanakan setiap tahunnya, agar para keluarga dapat lebih memahami lagi fungsinya.

“Untuk meningkatkan kesadaran keluarga dalam penerapan fungsi secara optimal, yaitu fungsi agama, cinta kasih, perlindungan, ekonomi, pendidikan, reproduksi, sosial budaya dan fungsi lingkungan, yang pada akhirnya akan terbentuk generasi emas bangsa, se Indonesia yang berkualitas, berkompeten dan berkarakter,”tuturnya.

Selanjutnya tujuan lain adalah Meningkatkan peran keluarga dalam masyarakat dalam upaya pembentukan karakter sejak dini. “Sehingga terlaksananya 4 (empat) ketahanan keluarga, yaitu keluarga berkumpul, keluarga berintraksi, keluarga berbaya, keluarga peduli dan berbagi,”tandasnya.

Sejalan dengan hal itu saat dijumpai dalam waktu yang sama Wakil Bupati Mahulu Drs. Y. Juan Jenau sangat berharap melalui Dinas terkait Tim Penggerak PKK Kabupaten Mahulu, agar event seperti ini bisa dilihat dan mengambil contoh, bagaimana kemajuan dan perkembangan yang dilakukan oleh daerah lain tentunya yang berkaitan dengan kegiatan harganas ini. Jadi kegiatan seperti ini sebagai daerah baru sangat mengapresiasi.

“Kedepan kita akan bina terus kader UPPKS yang ada dan semakin dikembangkan lakukan pembinaan yang berkaitan dengan program kehidupan keluarga sejahtera, Ini juga merupakan program pemerintah, yang dilakukan mulai dari Pemerintah Pusat hingga Daerah, kita wajib mengaplikasikan berbagai program tentang ketahanan keluarga ini, karena pendidikan menajemen dalam keluarga itu merupakan indikator berhasil sebuah keluarga, bisa dikatakan keluarga bahagia dan sejahtera,”ungkapnya.(hms8).

Tinggalkan Pesan

Please enter your comment!
Isi nama Anda