KTNA Mahulu Siap Majukan Pertanian

0
271
Bupati Mahakam Ulu (Mahulu) Bonifasius Belawan Geh, SH Selaku Ketua KTNA Mahulu bersama dengan pengurus KTNA Kabupaten Mahulu, di lantik Oleh Ketua KTNA Provinsi Kaltim Wisdianto. by hms8

UJOH BILANG – Pengurus Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) Kabupaten Mahakam Ulu (Mahulu) Periode 2018 – 2020, telah dikukuhkan oleh Ketua KTNA Provinsi Kaltim, di Lamin Adat Kampung Laham, Sabtu (6/4).

Usai dikukuhkan sebagai Ketua KTNA Kabupaten Mahulu, Bupati Mahulu Bonifasius Belawan Geh, SH dalam sambutannya, sebagai Bupati yang mendapat amanah dan kewajiban konstitusional untuk memacu pertumbuhan urusan bidang pertanian dan semua sub-bidang yang berada didalamnya.

“Pengembangan pertanian ditujukan untuk meningkatkan kesejahteraan para pelakunya, yakni warga masyarakat Kabupaten Mahulu yang kegiatan sosial ekonomi bertumpu pada bidang pertanian,” tuturnya.

Bupati menambahkan, peningkatan kesejahteraan petani  meliputi penerbitan kebijakan dan pelaksanaan kegiatan yang terkait langsung dengan penyiapan dan pemanfaatan lahan, penyediaan bibit dan pupuk, penyediaan bantuan peralatan teknologi tepat guna, pembukaan akses terhadap sumber kredit usaha tani dengan sistem  administrasi yang mudah dan tingkat suku bunga yang rendah.

“Serta terpenting juga termasuk penyediaan tenaga penyuluh serta pelaksanaan kegiatan pendampingan guna meningkatkan keterampilan dalam mengolah lahan dengan cara yang efisien dan efektif serta ramah terhadap pasar,” ucapnya.

Bupati Mahakam Ulu (Mahulu) Bonifasius Belawan Geh, SH Selaku Ketua KTNA Mahulu menerima Petaka dan SK Pengurusan KTNA Mahulu dari Ketua KTNA Provinsi Kaltim Wisdianto. by hms8

Sejalan dengan itu lanjut Bupati, sebagai Ketua KTNA memiliki tugas untuk membina dan mengarahkan jajaran pengurus KTNA Kabupaten Mahulu untuk memahami tata cara dan mekanisme pelaksanaan urusan bidang pertanian.

“Sehingga jajaran pengurus dapat memberikan pembinaan dan bimbingan  kepada pelaku bidang pertanian,” terangnya.

Dengan dipahaminya proses dan mekanisme pelaksanaan urusan bidang pertanian yang berlaku di lingkungan Pemerintah Kabupaten Mahulu, lanjutnya, maka diharapkan langkah-langkah teknis yang diambil di lingkungan KTNA akan mudah disinkronkan dengan kebijakan yang berlaku di lingkungan Pemerintah Kabupaten Mahulu.

Sebagai Ketua maupun sebagai Bupati, tidak dapat bekerja sendiri tanpa dukungan yang tulus dari seluruh pengurus KTNA tingkat Kabupaten, Kecamatan, Kampung, OPD, Organisasi dan segenap lapisan masyarakat Kabupaten Mahulu.

“Semoga Tuhan Yang Maha Esa memberikan kekuatan dan bimbingan kepada kita semua, untuk mengemban tugas kita masing-masing dan dapat menghasilkan yang terbaik demi Pembangunan Mahulu untuk semua, sejahtera dan berkeadilan,” harapnya.

Ketua KTNA Provinsi Kaltim Wisdianto usai mengukuhkan menyatakan, apresiasinya kepada Pemerintah Kabupaten Mahulu, yang telah memberikan perhatian khusus terhadap bidang pertanian di Kabupaten Mahulu, serta mendukung secara penuh guna terselenggaranya kegiatan ini, dengan baik.

“Kami sampaikan kepada jajaran pemkab Mahulu, bagaimanapun kegiatan ini  apabila tidak didukung penuh oleh Pemkab Mahulu dan jajarannya, tentunya pelaksanaan tugas mulia ini dalam rangka mensejahterakan para petani Mahulu tidaklah dapat berjalan dengan maksimal,”ungkapnya.

Kami sangat bersyukur Pemkab Mahulu yang didukung oleh DPRD Kabupaten Mahulu, sangat memberikan perhatian khusus terhadap pembangunan bidang pertanian ini, dalam arti luas di Kabupaten ini.

“Sebab apabila kita bicara tentang sumberdaya alam yang tidak dapat diperbarui, nanti yang akan kita wariskan kepada anak, cucu kita nanti apa. Tapi apabila kita tanam kakao mau generasi keberapa aja para pelakunya masih bisa menikmatinya,” terangnya.

Ia mengharapkan, para pengurus KTNA di Kabupaten Mahulu harus lebih semangat. Apa lagi di Mahulu ini kita banyak didukung oleh para pengiat pertanian dan didukung juga oleh kearipan lokal yang sudah akrab dengan yang namanya pertanian.

“Jadi proses perkembangan pembangunan di Kabupaten Mahulu akan lebih mudah terlaksana,”ujarnya.(hms8)

Tinggalkan Pesan

Please enter your comment!
Isi nama Anda