Bupati Mahulu Buka TMMD  ke 104

0
117
Bupati Mahakam Ulu (Mahulu) Bonifasius Belawan Geh, SH secara simbolis menyerahkan alat kerja pendukung pelaksanaan TMMD kepada masing-masing personil yang terlibat. by hms 8

Dilaksanakan di Kampung Ujoh Bilang dan Long Melaham.

UJOH BILANG – Bupati Mahakam Ulu (Mahulu) Bonifasius Belawan Geh, SH memimpin upacara pembukaan kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 104 Tahun 2019, yang dilaksanakan oleh Kodim 0912 Kutai Barat/Mahulu. Pembukaan dipusatkan  di Lapangan Sepak Bola Kampung Long Melaham, Selasa (26/2)

Kegiatan TMMD ditandai dengan penyerahan secara simbolis alat kerja pendukung pelaksanaan TMMD oleh Bupati Mahulu kepada masing-masing personil yang terlibat.

Dalam amanat yang disampaikan oleh Bupati Mahulu Bonifasius Belawan Geh, SH menyatakan, pada prinsipnya pelaksanaan TMMD ke 104 ini merupakan aktualisasi kerjasama TNI, dalam membantu pemerintah khususnya pemerintah daerah.

“TMMD Ini sebagai upaya untuk mendukung tercapainya upaya koordinasi yang harmonis antara pelaku pembangunan, disemua bidang pemerintahan. Selanjutnya melalui TMMD ini menjamin terciptanya integrasi, sinkronisasi dan sinergi antara daerah dengan memberi keutamaan pada semakin berkembangnya, peran serta dan keterlibatan TNI bersama masyarakat dalam kegiatan pembangunan daerah,” terangnya.

Bupati menambahkan, melalui TMMD juga menjamin tercapainya penggunaan sumber daya secara efisien, efektif, berkeadilan dan berkelanjutan.

“Sehingga diharapkan melalui program ini semakin meningkatnya pemahaman bersama tentang sejarah dan sifat kemanunggalan TNI dengan masyarakat luas dalam penyelenggaraan pemerintahan, pelaksanaan pembangunan dan pemberdayaan masyarakat,” kata Bupati.

Dalam kesempatan ini juga Bupati menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasihnya, serta penghargaan yang sebesar-besarnya kepada jajaran TNI yang sangat memberikan kontribusi lebih dalam berkerjasama dengan pemerintah daerah.

“Besar harapan saya pelaksanaan program pembangunan di Kabupaten Mahulu melalui TMMD Tahun Anggaran 2019 dapat terlaksana dan dapat berjalan dengan lancar sesuai dengan rencana serta target yang kita ingin capai,” harapnya.

Bupati Mahakam Ulu (Mahulu) Bonifasius Belawan Geh, SH bersama Komandan Kodim (Dandim) 0912 Kutai Barat Anang Sofyan Efendi dan Wakil Bupati Mahulu Drs. Y Juan Jenau, usai upacara meninjau Posko TMMD, Posko Pelayanan Kesehatan, KB, pengecekan kesehatan dan pengobatan gratis bagi masyarakat setempat.

Sementara itu dalam Laporannya Komandan Kodim (Dandim) 0912 Kutai Barat Anang Sofyan Efendi menyampaikan berdasarkan surat telegram Pangdam IV Mulawarman Nomor STR 19/2018 Tanggal 16 Januari 2018 tentang perintah menyusun rencana sasaran program terpadu, TMMD Tahun 2019. Adapun sasaran tempat untuk pelaksanaan kegiatan TMMD Tahun 2019 ini, difokuskan di Kampung Ujoh Bilang dan Kampung Long Melaham Kecamatan Long Bagun.

“Adapun sasaran bangunan fisik, meliputi pembukaan badan jalan menuju lahan kelompok tani sepanjang 2.000 meter, dengan lebar 4 meter di RT 2 Kampung Ujoh Bilang, pembukaan lahan pertanian seluas 17,5 hektar dan irigasi di Kampung Ujoh Bilang,”ungkapnya.

Kemudian Dandim menambahkan, sedangkan untuk Kampung Long Melaham meliputi, pembuatan kolam ikan ukuran 20×30 meter sebanyak 4 unit, dan kolam indukan, pemijahan ukuran 3×4 meter 2 unit, serta pondok pertemuan 1 unit, pembukaan badan jalan menuju lahan kelompok tani sepanjang 2.000 Meter, dengan lebar 4 meter di RT 1 Kampung Long Melaham dan pembukaan lahan pertanian seluas 30 hektar dan irigasi.

“Sedangkan untuk sasaran kegiatan non fisik meliputi, penyuluhan hukum dan kantibmas, penyuluhan pertanian, peternakan dan perkebunan, sosialisasi paham radikal, bela negara dan wawasan kebangsaan, sosialisasi bahaya narkoba dan HIV, sosialisasi rekrutmen anggota TNI, sosialisasi penanggulangan bencana alam dan bakti sosial,” ucapnya.

Untuk jadwal pelaksanaan TMMD ke 104 dimulai sejak Pembukaan 26 Pebruari sampai dengan 27 Maret 2019. Sedangkan personel yang terlibat sebanyak 150 orang, yang terdiri dari unsur Kodim 0912, Polres Kutai Barat, serta masyarakat setempat.

Usai upacara dilaksanakan peninjauan Posko TMMD, Posko Pelayanan Kesehatan, KB, pengecekan kesehatan dan pengobatan gratis bagi masyarakat setempat.

Dalam kesempatan ini hadir pula Staf Ahli Pangdam IV Mulawarman Kolonel Infantri Clement  Kaposa P. Siahaan, Kepala Kejari Kutai Barat Syarief Sulaiman Nahdi, Wakil Bupati Mahulu Drs. Y Juan Jenau, Ketua DPRD Kabupaten Mahulu Novita Bulan, SE.,M.BA, Sekretaris Daerah Drs.Yohanes Avun, M.Si, Anggota DPRD Mahulu, para Kepala OPD, TNI, Polri, Ibu-ibu PKK dan para siswa-siswi SD, SMP, SMD serta masyarakat yang tergabung dalam kelompok tani dari masing-masing kampung di Lingkungan Pemkab Mahulu yang berkesempatan hadir.(HMS8)

Tinggalkan Pesan

Please enter your comment!
Isi nama Anda