Bupati Minta Tingkatkan Koordinasi DPMK, Kecamatan dan Kampung

0
83
Bupati Bonifasius Belawan Geh,SH didampingi Wabup Drs. Y Juan Jenau, Kepala DPMK S. lawing Nilas,S.Pd foto bersama Camat dan Petinggi Kampung Long Hubung.

UJOH BILANG, TRIBUN – Bupati Bonifasius Belawan Geh, SH dalam sambutannya ketika membuka Rakor Camat dan Petinggi se Kabupaten Mahakam Ulu menginstruksikan ke Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kampung (DPMK) untuk melakukan konsultasi guna mengatur pencairan dana Kampung dan lawatan Gerbangmas. dan Program Pembangunan Pemberdayaan Masyarakat Kampung Mandiri (P2MKM).

“Ini penting untuk disetujui sedini mungkin masalah keterlambatan pencairan dana, saya minta DPMK dan jajarannya harus dilakukan koordinasi dan evaluasi di setiap gelas pencairan Dana Kampung dan untuk P2MKM agar digerakkan tenaga teknis yang harus dipantau dan berguna untuk Kampung,” kata Bupati.

Bupati juga meminta setiap Petinggi, agar menyusun Laporan Pertanggungjawaban (LPJ) dalam setiap tahun anggaran harus sesuai dengan rencana kerja dan tahapan, serta tidak ada keterlambatan, dan harus menyelesaikan penyusunan APB Kampung TA 2019, agar dapat segera diperoses pada pengajuan dana.

“Saya akan memberikan sangsi  bagi petinggi yang terlambat dalam Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Kampung, jadi jangan coba-coba lagi ada LPJ yang terlambat, mohon ini dicamkan baik oleh Petinggi dan APB Kampung TA 2019 saya minta di minggu ke empat bulan Maret harus hapus 100% setelah di verifikasi di tingkat Kecamatan, “tegas Bupati.

Menanggapi arahan Bupati, Kepala DPMK S. Lawing Nilas, S.Pd menuturkan, dalam tiga tahap, sesuai dengan tahapan pencairan anggaran, untuk antisipasi keterlambatan pencairan dana

“Sebelum pencairan, pertama hingga ketiga DPMK rutin menggelar rakor dengan camat dan petinggi, untuk memahami apa saja yang menjadi kendala, dan DPMK sudah mempersiapkan diri untuk mengevaluasi tim Gerbangmas, juga P2MKM dalam waktu dekat ini,” ungkap Kadis DPMK.

Di temui usai mengikuti Rakor, Petinggi Kampung Long Gelawang H. Iskandar mengaku, Kampung Long Gelawang telah menyelesaikan LPJ waktu yang tepat dan RKP yang di minta pun telah selesai.

“Pada tahun 2018 lalu, Kampung Long Gelawang menyelesaikan 1 kegiatan dan LPJ selesai, agar di akhir tahun laporan tidak menumpuk dan pada awal tahun ini RKP Long Gelawang telah disiapkan, sesuai dengan peraturan Bupati yang ditunggu,” ungkapnya. (HMS11)

Tinggalkan Pesan

Please enter your comment!
Isi nama Anda