10 Kampung Dapat Program Air Bersih

0
37
Bupati Bonifasius Belawan Geh,SH membuka sekaligus memberi arahan pada 10 Kampung penerima program air bersih.

UJOH BILANG – Pemerintah Kabupaten Mahakam Ulu (Pemkab Mahulu) melalui Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappelitbangda) menggelar Sosialisasi program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas III) tingkat Desa tahun 2019 di Ruang Rapat Bappelitbangda. Rabu (06/03)

Rapat yang dibuka langsung oleh Bupati Mahulu Bonifasius Belawan Geh,SH didampingi Wabup Drs. Y Juan Jenau dan Asisten Bidang Ekonomi Sosial dan Pembangunan E. Tek Hen Yohanes,S.Pd.

Dalam sambutan tertulis Bupati Bonifasius Belawan Geh,SH sangat mengapresiasi Sosialisasi Program Pamsimas III yang dapat meningkatkan akses pelayanan air minum dan sanitasi bagi masyarakat pedesaan, serta menerapkan praktik hidup bersih dan sehat di Mahakam Ulu.

“Ini program nasional yang harus kita sukseskan bersama, karena program penyediaan air minum dan sanitasi berbasis masyarakat tidak dapat dipisahkan sebagai sumber kehidupan, terlebih lagi daerah kita, yang berada dan bertempat tinggal di pinggiran sungai sangat membutuhkan air bersih,” tutur Bupati.

Bupati berharap dengan adanya program Pamsimas, masyarakat di 10 Kampung yang mendapat program Pamsimas dapat mengakses layanan air minum dan sanitasi yang berkelanjutan, juga menjaga sarana air bersih yang dibangun untuk menunjang kehidupan masyarakat di masa sekarang dan masa-masa yang akan datang.

“Saya optimis dengan adanya peningkatan kualitas hidup masyarakat yang sejahtera, dapat terwujud dari adanya perilaku masyarakat yang hidup bersih dan sehat,” tegas Bupati.

Sementara itu, dalam laporan Kepala Bappelitbangda Dr. Stephanus Madang,S.Sos,MM menjelaskan, pada tahun 2018 melalui seleksi yang cukup ketat, akhir Kabupaten Mahulu terpilih sebagai salah satu daerah yang menerima program Pamsimas yang akan dilaksanakan pada tahun 2019.

Lebih jauh disampaikannya, adapun sasaran program yang menjadi pertimbangan pada seleksi dengan melihat kondisi air bersih di lapangan, maka terpilih 10 Kampung yakni Danum Paroy, Muara Ratah, Batu Majang, Rukun Damai, Long Hurai, Long Gelawang, Nyaribungan, Matalibaq, Batu Majang dan Sirau.

“Puji syukur pada tahun 2019, maka 10 kampung yang nantinya menerima Pamsimas, 2 Kampung didanai melalui APBD dan dan 8 Kampung mendapat sentuhan dari APBN,” jelas Kepala Bappelitbangda.

Ia menambahkan, untuk mengawal kesiapan program Pamsimas nantinya, Bappelitbangda akan membentuk tim distrik projek manajemen unit dan panitia kemitraan.

“Mudah-mudahan tahun 2020 mendatang, bisa menambah jumlah kampung lagi, agar kampung yang membutuhkan dapat tersentuh langsung menikmati air bersih,” harapnya.

Turut hadir Sekretaris DPUPR Margono,
Kabid Cipta Karya DPUPR Yunik B, Kabag Ekobang Lung,SH, Plh. Kasi PAK DPMPK Mejai dan 10 Petinggi Kampung penerima Program Pamsimas III.(hms11)

Tinggalkan Pesan

Please enter your comment!
Isi nama Anda