Kucuran ADK Menyentuh Langsung Warga Kampung

0
208
Bupati Mahakam Ulu (Mahulu) Bonifasius Belawan Geh, SH, yang didampingi oleh Ketua Tim Pengerak PKK Kabupaten Mahulu Ny. Yovita Bulan Bonifasius dan pejabat lainnya meninjau galeri foto seluruh pembangunan di masing-masing kampung, sambil serta berdialog secara langsung dengan juru bicara masing-masing kampung di Kecamatan Long Pahangai. by HMS8
UJOH BILANG- Penggelontoran dana desa yang dikucurkan ke berbagai kampung-kampung yang ada di wilayah Kecamatan Long Pahangai telah mencapai angka puluhan miliar rupiah. Dana yang diberikan ini berharap menjadi acuan dalam gerakan pembangunan di kampung.
Hal ini disampaikan oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Kampung (DPMK) S. Lawing Nilas, S.Pd, saat melakukan pidato sambutan di kegiatan peresmian kampung-kampung Kecamatan Long Pahangai di Balai Adat Kampung Long Pakaq belum lama ini.
Dia singgung, bahwa sebagaimana yang diamanatkan oleh Undang-undang Desa, disebutkan, setiap kampung wajib menyusun perencanaan pembangunan sesuai dengan kewenangannya dan mengacu pada Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Mahulu.
“Maka dari itu perlu saya sampaikan tujuan utama dari kegiatan ini, untuk mengetahui sampai dimana dan bukti pembangunan apa saja yang telah di buat oleh kampung,” ujarnya.
Khususnya, tambah dia, mengenai pengelolaan Alokasi Dana Kampung (ADK) yang telah dikucurkan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Mahulu.
Lawing Nilas mengungkapkan, berdasarkan data laporan realisasi tahun anggaran 2017, Kecamatan Long Pahangai secara menyeluruh, untuk ADK-APBD telah menyentuh angka sebesar Rp. 26.196 Miliar.
Kemudian untuk ADD-APBN mencapai angka Rp 11.387 Miliar, sehingga total alokasi untuk 13 di kampung-kampung seluruh Kecamatan Long Pahangai telah sentuh angka Rp 37.583 miliar.
Sementara itu total realisasi APB Kampung Tahun Anggaran 2017 yang terdiri atas belanja modal, barang dan jasa serta belanja pegawai sebesar Rp. 35.288 miliar.
Ia juga menyampaikan, untuk tahun 2018 jumlah ADK seluruh Kecamatan Long Pahangai sebesar Rp 22.487 Miliar, sedangkan untuk ADD Rp. 13.045 Miliar, dan untuk Bantuan Keuangan Kabupaten (Bankeu) sebesar Rp. 3.783 miliar, sehingga total Alokasinya Rp. 39.317 miliar.
Dari nilai ini untuk realisasi berdasarkan Laporan Semester pertama Tahun 2018 sebesar Rp. 16. 325 miliar.
“Karena ada sebagian kampung untuk semester ke dua masih dalam proses penyelesaian, yang berakhir pada bulan Desember nanti,” ujarnya.
Adapun kegiatan-kegiatan pembangunan di kampung-kampung seluruh Kecamatan Long Pahangai yang diresmikan oleh Bupati Mahulu, dalam kesempatan ini sebagai berikut.
Ada berupa 1 unit Dermaga, 2 unit Listrik, 5 unit Paud, 5 unit Sarana Prasana Pertanian, 5 unit Rehap Kantor Kampung, 3080 meter jalan pertanian, 2.288 meter semenisasi jalan kampung.
Juga ada 3 unit poskamling, 6 unit drainase, 2 unit tapal batas antar kampung, 6 unit rumah layak huni, 1 unit gapura, 2 unit gedung lesung, 6 unit MCK, 4 unit jembatan, 97 unit sarana air bersih, dan 1 unit kantor adat.
Tak ketinggalan juga ada 4 unit lapangan olah raga, 7 unit BPU, 100 meter pagar, 11 unit tangga titian, 2 paket TPA, 1 unit gudang kampung, 1 unit jalan titian, 1 unit internet desa, 152 meter talud, dan 1 unit perpustakaan.
Termasuk ada juga 1 paket bantuan keagamaan, 48 unit rehap rumah layak huni dan kegiatan pembinaan kemasyarakatan kampung, serta kegiatan peningkatan kapasitas perangkat kampung. (HMS8)

Tinggalkan Pesan

Please enter your comment!
Isi nama Anda