PENUTUPAN HUDOQ PEKAYANG DI LONG TUYOQ

1
79

MAHAKAM ULU – Acara Hudoq Pekayang 2016 yang di selanggarakan selama dua hari akhirnya di tutup oleh Bupati Mahakam Ulu Bonifasius Belawan Geh, didampingi Wakil Bupati Mahakam Ulu Y Juan Jenau, Wakil Ketua II DRPD Mahakam Ulu Tiopilus Hanye, Sekda Yohanes Avun, Asisten Kesra dan Adum Toni Imang, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Alfred, Ketua TP-PKK Mahakam Ulu, dan Ketua Dharma Wanita Persatuan, Camat Long Pahangai, serta para Petinggi dan Kepala Adat Kampung.

Ketua Panitia Umum Hibau Anyaaq saat menyampaikan laporan menjelaskan, berdasarkan hasil musyawarah adat yang dilaksanakan di Amin Lali’ Kampung Liu Mulang bahwa yang menjadi tuan rumah Hudoq Pekayang Tahun 2017 adalah Kampung Long Pakaq dan diselenggarakan selama dua hari.

“Saya mewakili dari seluruh masyarakat menyampaikan terma kasih  atas bantuan dan partisipasi selama ini, sehingga acara Hudoq Pekayang di kampung Long Tuyoq tahun ini dapat terselanggara dengan baik dan semoga acara Hudoq Pekayang tahun depan jauh lebih meriah lagi,”tuturnya.

Apresiasi yang sangat tinggi diungkapkan oleh Bupati Mahakam Ulu Bonifasius Belawan Geh atas terlaksananya acara ini dengan baik dan merupakan cikal bakal dari kebangkitan dari industri parawisata kita kedepan, sehingga siapa pun pemimpin kita kedepan akan mengerti bahwa adat atau bidang pariwisata di Mahakam Ulu sangat potensial untuk dikembangkan dan diolah menjadi sesuatu yang dapat menghasilkan untuk daerah kita, dalam artian untuk pembangunan untuk memperoleh dana dan sektor parawisata.

“Jika sektor pariwisata kita dapat berkembang dengan baik, maka pasti dengan sendirinya sektor ekonomi pun akan mengikuti, orang – orang akan banyak datang kesini seperti para turis dan para wisatawan,” kata Bupati dalam sambutannya.

Ia menambahkan, sangat penting kita memulai dari sekarang untuk mengembangkan seni budaya kita di tiap kampung kemudian pemerintah akan memantapkan aset tempat pariwisata yang bisa dikembangkan walaupun masih terkendala dengan minimnya infrastuktur.

“Kita harus mempersiapkan semuanya, agar ketika para wisatawan akan berkunjung kita sudah siap baik sarana dan prasarananya,” tegasnya.

Lebih lanjut dikatakannya, bahwa target pembangunan kita melalui alokasi dana kampung (ADK) setiap kampung boleh membangun gedung kesenian atau gedung  pertunjukan. Sehingga kita memulai membangun infrastrukutur penunjangnya dan menggali aset budaya yang bisa kita kembangkan seperti seni tari, seni ukir serta industri rumah tangga seperti seni anyam – anyaman manik.

“Wajib bagi kita untuk menggali dan terus nelestarikan budaya kita sehingga tidak punah atau termakan oleh modernisasi,” tuturnya.

Diakhir sambutannya Bupati mengharapkan peran aktif dari seluruh peserta atau kontingen maupun elemen masyarakat yang terlibat untuk mensukseskan acara Hudoq Pekayang tahun – tahun berikutnya.

1 COMMENT

  1. Semoga ada video serta gambar sempena main hudoq di long pakaq. Bisa ngelepas rindu terhadap kampung halaman Dan keluarga yang jauh.

Tinggalkan Pesan

Please enter your comment!
Isi nama Anda