Gunakan Dana Kampung, Untuk Meningkatkan Tarap Hidup Masyarakat Kampung.

0
324

Demi meningkatkan fasilitas dan prasarana di Kampung-kampung yang berada didaerah Kabupaten Mahakam Ulu. Hari jumat, (29/9) beberapa waktu yang lalu Bupati yang diwakili oleh Wakil Bupati Y Juan Jenau mengunjungi Kampung Lutan Kecamatan Long Hubung, dalam rangka meresmikan Amin Ayaq dan Kantor Petinggi Kampung Lutan.

Masyarakat Kampung sangat atusias menyambut kehadiran rombongan Wakil Bupati, acara yang diawali dengan upacara acara adat, serta dilanjutkan dengan ramah tamah dengan rombongan Wakil Bupati, dan mengunjungi Kantor Petinggi Kampung Lutan yang baru saja diresmikan.

Dalam sambutanya Waki Bupati menyampaikan, sebagaimana yang kita ketahui bagunan Amin Ayaq dan Kantor Petinggi Kampung ini, adalah bangunan yang sangat penting dan harus ada disetiap Kampung-kampung, karena sarana ini merupakan wadah bagi masyarakat kampung untuk melaksanakan berbagai macam kegiatan, baik itu berupa kegiatan ritual adat maupun kegiatan penting lainya.

hms-1
Wakil Bupati Y. Juan Jenau Memukul Gong Tanda diresmikannya Lamin Ayaq dan Kantor Petinggi Kampung Lutan

“Dan juga patut diingat juga bangunan ini merupakan simbol dari kebudayaan kita yang harusnya terus di lestarikan, oleh karena itu mari kita semua dapat memelihara, menjaga dan memanfaatkannya untuk kepentingan bersama,”tegasnya.

Juan menambahkan, kepada seluruh masyarakat Mahakam Ulu khususnya Kampung Lutan, agar dapat selalu ikut berperan serta dalam menjalankan roda pembangunan dengan program-program, dari Bupati dan Wakil Bupati dalam mengawali visi dan misi kami pada periode 2016-2021.

“Kami menyambut baik dengan pembangunan amin ayaq ini dan juga pembangunan Kantor Pentingi Kampung, karena ini sejalan dengan misi kami yang pertama, membangun dan meningkatkan sarana dan prasana publik, yang berkualitas, adil, berkelanjutan dan berwawasan lingkungan,”ungkapnya.

Lebih dalam ditambahkan Wabup, perlu saya sampaikan bahwa mulai tahun ini disetiap kampung sudah mengelola dana kampung itu sendiri, dan tahun depan setiap kampung akan memperoleh dana yang cukup besar, jadi kami berharap seluruh lapisan masyarakat dapat terlibat dalam pengelolaan dana kampung ini, gunakan lami ayaq ini untuk bermusyawarah berunding untuk memperoleh mufakat dalam penggunaan dana kampung ini agar tepat guna.

“Namun dalam hal ini kami menghimbau dana ini memang dapat digunakan untuk membangun fisik, akan tetapi kalau kita lihat bangunan fisik sudah cukup memadahi disetiap kampung-kampung, jadi yang perlu kita bangun lagi dengan mengunakan dana ini adalah membangun peningkatan ekonomi masyarakat baik itu berupa pertanian, perternakan dan lain sebagainya,”imbaunya.

Ia menjelaskan, oleh karena itu runding dengan baik manfaatkan seluruh sumber daya yang ada dikampung ini untuk memperoleh ide-ide kreatif dalam pengunaan dana kampung ini guna meningkatkan tarap hidup masyarakat kampung, dan bagi seluruh lembaga yang terlibat haruslah terbuka janganlah dana ini hanya digunakan untuk sekelompok orang saja.

“Jadi kami harap dana yang akan dikucurkan nanti ke setiap kampung-kampung dapat dimanfaatkan dengan baik, terutama dapat digunakan untuk meningkatkan ekonomi kerakyatan di masing-masing kampung sehingga kedepannya tarap hidup masyarakat kita semakin tahun semakin meningkat,”jelasanya.

Kami yakin bahwa lima tahun kedepan lebih dalam di tegaskannya, semoga dalam masa periode kami berdua menjadi Bupati dan Wakil Bupati Mahakam Ulu akan kelihatan paling tidak langkah awal dan langkah dasar yang baik untuk membangun Mahakam Ulu kedepan dengan lebih baik.

Dalam acara tersebut hadir pula Sekretaris Daerah Drs. Yohanes Avun, Asisten Kestra dan Administrasi Umum Toni Imang, Kepala SKPD dan seluruh lapisan masyarakat Kampung Lutan.

Tinggalkan Pesan

Please enter your comment!
Isi nama Anda