Pelayanan Perdana Puskesmas Apung di Datah Bilang

0
321

UJOH BILANG – Setelah diresmikan oleh Bupati Mahakam Ulu (Mahulu) Bonifasius Belawan Geh, kini Puskesmas Apung mulai memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat yang tinggal di sepanjang tepian Sungai Mahakam. Untuk pertama kali, pelayanan dilaksanakan di Kampung Datah Bilang, Kecamatan Long Hubung, Kamis (25/8).

Kegiatan tersebut dilakukan sebagai implementasi pelaksanaan kegiatan Puskesmas Apung yang menjadi program pokok visi misi Bupati dan Wakil Bupati (Wabup) Kabupaten Mahakam Ulu 2015-2021.

Kepala Dinas Kesehatan (Diskes) Agustinus Teguh Santoso menyebutkan, pelayanan kesehatan itu dilakukan sebagai bentuk partisipasi Diskes dalam rangkaian kegiatan penutupan Bulan Bakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) XIII dan Hari Kesatuan Gerak Pembina Kesatuan Keluarga (HKG-PKK) ke-44 Tahun 2016 di Mahakam Ulu.

“Sesuai dengan janji kami, seminggu setelah peresmian maka Puskesmas Apung melaksanakan kegiatan pelayanan kesehatan,” ucap Teguh.

Lebih lanjut disebutkan, pelayanan di Datah Bilang dilaksanakan sehari penuh. Apabila ada pasien yang tidak dapat datang untuk mendapatkan pelayanan di Puskesmas Apung, para dokter akan mendatangi langsung pasien yang bersangkutan ke tempat tinggalnya. Selanjutnya, apabila sakit yang diderita cukup parah dan memang harus dirujuk ke rumah sakit, tim Puskesmas Apung akan langsung menindaklanjuti untuk berkoordinasi dengan puskesmas setempat.

“Untuk biaya rujukannya akan difasilitasi Diskes agar pasien dapat segera menuju ke rumah sakit sesuai dengan rujukannya,” ujarnya.

Untuk diketahui, pelayanan Puskesmas Apung terdiri dari pelayanan dokter umum, dokter gigi, pelayanan kefarmasian, pelayanan kebidanan dan keperawatan. Kemudian pelayanan gizi dan sanitasi. Puskesmas Apung juga dilengkapi dengan peralatan laboratorium dasar, seperti fotometer untuk menunjang pemeriksaan diagnostik kepada masyarakat. Selanjutnya, dilaksanakan penyuluhan berupa pemutaran film kesehatan, promosi kesehatan di bidang gizi, sanitasi serta kesehatan secara umum.

“Diskes mendukung dari segi peralatan laboratorium dan obat-obatan gratis. Program pelayanan kesehatan bergerak atau Puskesmas Apung ini memang satu paket dengan pelayanan kesehatan secara umum,” lanjut Teguh Santoso.

Sebagai pelayanan kesehatan bergerak, Puskesmas Apung diharapkan mampu mendukung untuk meningkatkan pelayanan kesehatan. Berikut, mampu meningkatkan antusias masyarakat mendapatkan pelayanan kesehatan sebagaimana mestinya.

“Jadi, masyarakat mampu menggunakan fasilitas yang disediakan Pemkab Mahulu ini dengan baik, karena penting untuk peningkatan kesehatan secara luas,” tambahnya.(mu07/san/k11)

Tinggalkan Pesan

Please enter your comment!
Isi nama Anda